Senin, 29 Juni 2015

SAMPAH TIDAK BERGUNA

SAMPAH TIDAK BERGUNA
SAMPAH. Material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Pastilah bukan suatu hal yang asing bagi kita semua. Hampir setiap waktu, kapanpun dan dimanapun kita bisa dengan mudah mendapati keberadaan sampah disekitar kita. Kebanyakan dari kita, mungkin berpikir bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak berguna. Namun, benarkah hal tersebut? untuk membuktikannya, mari simak beberapa uraian dibawah ini.


1. Memilah Jenis Sampah

Untuk bisa mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna, pertama kita harus lebih pintar dalam membedakan berbagai jenis sampah yang ada. Terdapat banyak sekali jenis sampah yang bisa ditemukan. Jenis sampah digolongkan berdasarkan sumbernya dan berdasarkan sifatnya. Namun, bagi kita warga SMAN 1 Sooko lebih terbiasa menggolongkan jenis sampah berdasarkan sifatnya, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

-Sampah Organik (dapat terurai / degradable)
Sampah organik yaitu sampah yang berasal dari unsur makhluk hidup/organisme dan mudah membusuk. Seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya.

-Sampah Anorganik (tidak dapat terurai / undegradable)
Sampah anorganik yaitu sampah yang berasal dari unsur abiotik (non-organisme) dan tidak mudah membusuk. Seperti plastik pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol minuman, kaleng, dan sebagainya.

Setelah kita mengetahui jenis suatu sampah, kita harus menempatkannya dengan tepat. Solusinya adalah dengan membedakan tempat sampah berdasarkan jenisnya, yaitu tempat sampah organik dan anorganik. Klasifikasi tempat sampah seperti itu dapat mempermudah kita dalam memanfaatkan sampah kembali.

2. Pengolahan Sampah

Setelah dapat memilah bebagai jenis sampah, kita harus berpikir kreatif untuk bisa mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna. Seperti sampah organik yang dapat diolah menjadi kompos dan sampah anorganik yang dapat dikelola dengan sistem 3R (reduce, reuse, dan recycle).

Apabila kita melakukan pengolahan sampah dengan benar, maka kurang tepat jika sampah adalah sesuatu yang tidak berguna sehingga harus dibuang begitu saja. Selain dapat mengurangi timbunan dan mengurangi pencemaran lingkungan, pengolahan sampah juga dapat menjadi suatu kegiatan yang berguna dan dapat menjadi sumber penghasilan.

Bagaimana? Masih menganggap sampah tidak berguna? Masih mau berdiam diri dan tidak peduli dengan keberadaan sampah yang semakin hari semakin menumpuk yang justru dapat membahayakan diri kita? Apa yang kita tunggu, sudah saatnya kita bangkit dan selamatkan lingkungan dari permasalahan sampah!

Siti Nur Laili R. / XI MIA 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar